Rabu, 18 Januari 2017

Jangan Ditiru! Pria ini Bakar Tabung Gas, Apa Yang Terjadi Selanjutnya Pasti Tidak Kamu Duga



Sejak dulu hingga sekarang tabung LPG dipercaya sebagai penyebab terjadinya ledakan atau kebakaran, terutama untuk tabung ukuran 3,6 kg.

Padahal, sebenarnya kepercayaan itu tidak seutuhnya benar loh dan perlu diluruskan lagi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Seorang pria yang bekerja sebagai petugas kebakaran pun mencoba untuk  meluruskan kepercayaan masyarakat tentang tabung LPG tersebut dengan mempraktikan hal yang sedikit berbahaya.

Dalam sebuah video yang diposting oleh akun Facebook bernama Nurlia Apriyanti memperlihatkan aksi pria tersebut yang mencoba membakar tabung gas menggunakan korek api.

Ketika api dinyalakan, hal selanjutnya yang terjadi sungguh di luar dugaan lho. Api berkobar di lubang regulator dan tabung gas tetap baik-baik saja.

“Saya akan mempraktikan bahwa gas tidak akan meledak walaupun terbakar dekat tabung gas, tinggal ditutup,” kata pria ini.

Lalu pria itu juga menyalakannya kembali dan kembali menutup lubang tabung regulator untuk mematikan apinya.

“Kita buka tabung regulator, angkat dan ini membuktikkan bahwa tabung gas tidak meledak, terimakasih, ” tambahnya, seperti dilansir Tribunnews.com.


Video ini pun sudah dibagikan lebih dari 4.300 kali loh dan mengundang beragam komentar dari netizen.

Salah satu netizen ada yang mempertanyakan bagaimana cara antisipasi jika ada kebocoran gas didalam ruangan.

“Kalau gas di luar ruangan maka gas akan menyebar terbawa angin. Gimana jika terjadi kebocoran di dalam ruangan.. Karena massa jenis lpg lebih berat dari pada udara.. Maka gas itu akan terus menyebar di dalam ruangan dan nggak akan terbang ke atas dan akan terjadi ledakan karena mengumpul di dalam ruangan.. Tolong infonya.. Karena kan lpg biasanya di dapur (ruangan) bukan tempat bebas,” tulis Saptonugrohotatang Agus Riyadi.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya yang meledak itu bukan tabungnya, tetapi terperangkapnya gas akibat kebocoran di dalam ruangan tertutup.

Jadi, saat kompor di nyalakan maka akan terjadi ledakan kecil. Hal ini dikarenakan adanya campuran antara gas, udara (oksigen), dan panas (pemantik kompor) didalam ruangan tersebut.

Namun, jika terjadi kebakaran akibat kebocoran gas, maka kamu tidak boleh panik dan harus langsung menyiramnya dengan air.

Kamu juga jangan menyalakan ataupun mematikan alran listrik karena bisa memicu kebakaran lebih besar lagi.

Jika memungkinkamu cabutlah tabung regulator dari tabung dan api akan padam dengan sendirinya.

Nah, kamu mau lihat seperti apa aksi pria pemadam kebakaran itu ? Berikut videonya ..




Sumber : http://bit.ly/2k1UtHw

Related Posts

Jangan Ditiru! Pria ini Bakar Tabung Gas, Apa Yang Terjadi Selanjutnya Pasti Tidak Kamu Duga
4/ 5
Oleh